TAKJUBNYA LAVA TOUR, DESA KINAHREJO, MERAPI


Setiap tempat punya pesona yang sangat spesifik.  Kali ini saya mengajak anda ke sebuah tempat bernama, Desa Kinahrejo, Merapi.    Wisata yang sangat unik sekali, pasca erupsi Merapi 2010.  Sebuah desa  kecil yang terletak di lereng Gunung Merapi di wilayah Desa Umbulharjo,Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Propinsi  Yogyakarta.

Bagaimana mencapai ke sana?   Dari Jogjakarta.   Begitu mendarat dari Jogja, kita dapat naik kendaraan pribadi atau naik bus arah menuju ke Magelang. Namun, mengingat untuk menempuh ke dalam desah tidak ada kendaraan umum, lebih baik dianjurkan dengan mobil pribadi/sewa.   Jarak tempuh dari Jogja sekitar 1 jam.  Sebelum masuk kota Muntilan kita akan berhenti di sebuah tempat  bekas rumah yang telah tertutup dengan lava  luapan Gunung Merapi.

Wajah Dusun Kinahrejo sebelum meletusnya Erupsi Merapi, sangat indah,  suasana lereng Merapi  bagaikan lukisan , hijaunya hamparan tanah pertanian yang terkenal dengan tanaman buah salak. Guliran matahari dari ufuk barat diwarnai semburat kuning, berganti oranye, ditingkahi biru, puncaknya merah semerah darah membungkus senja
. 
Merapi /www.indonesia.travel


Namun,  kegarangan dan letupan, letusan  Merapi , memuntahkan  dan menyemburkan lava panas disusul dengan lava dingin, membuat dusun kecil menjadi porak poranda.   Hampir hilang dan punah kehidupan dusun ini.
 
Namun, kehijauan yang pernah mempesona itu tak pernah mati.  Digantikan dengan suasana dari  sisa-sisa kehancuran karena lava yang dibawa oleh letusan Merapi, pemukiman ini ingin bangkit dari kehancurannya.   Penduduk ingin mempercayai bahwa  kehilangan dan kehancuran itu harus dilalui dan kebangkitan dengan  pesona lava yang masih sering terjadi  pasca erupsi 2010.

Setelah sampai di desa Kinahrejo, kita disambut oleh papan yang bertulisan Selamat Datang di Desa Kinahrejo.
Selamat Datang/travel.detik.com

Pilihan kita untuk wisata  Lava ini dapat memilih apakah dengan menggunakan motor trail atau jeep dengan biaya sewa tergantung dari jarak tempuh dan waktu.   Untuk Motor trail dikenakan sekitara Rp.50,000 – Rp.150,000,  untuk  mobill jeep dikenakan sewa sekitar Rp.250,000-Rp.3000,000

Lava yang ganas ini telah memporak pondakan seluruh desa yang dulunya  sangat  asri.  Halaman ,ladang, tanah pertanian yang menghijau, subur  karena  tanahnya mengandung  vulkanik.dari Gunung Merapi.   Sekarang, wajahnya berubah total menjadi  hamparan pasir, semua bangunan runtuh, semua tanaman di ladang, tanah pertanian diselimuti oleh pasir putih yang berasal dari lava panas dan dingin.   Kehidupan telah hilang, kematian datang, tetapi kehidupan baru harus dibangun dan dibangkitkan kembali.
Puing desa Kinarejo/sains.kompas.com
Lahar dingin/kevinaanggara.com

Kehidupan yang telah direnggut oleh Lava pasca letusan Gunung Merapi,  ditandai oleh meninggalnya seorang  yang dikenal sebagai  sang guru kunci   Gunung Merapi, Mbah Maridjan.  Jika ingin mengunjungi atau melihat makamnya.  Ini bagian dari wisata lava tour.
Makam Mbak Maridjan/viskandar.wordpress.com

Tour ini akan membuat kita puas dalam  pengenalan dan pengamatan dan pengetahuan dari misteri Lava Gunung Merapi  di sebuah Desa Kinahrejo, Merapi yang telah menghempaskan sebuah Desa Kinahrejo .   Kebesaran  sebuah proses  erupsi Gunung Merapi dengan hadirnya  tanah dan batuan yang mengandung  berbagai mineral.  Tanah vulkanis yang makin subur karena kaya mineral.  Tak heran penduduk Desa  Kinahrejo tetap memilih untuk tinggal di sekitar Gunung Merapi.   Sebuah  wisata alam yang sangat  unik.


6 komentar:

  1. Salam

    Berbagi KIsah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    http://www.jelajah-nesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Agunx Agoenx: Terima kasih atas kunjungannya.Saya akan kunjungi blog anda.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. min, gimana caranya submit ke vivalog nya..?

    BalasHapus
  5. Haloo Vloggers,

    Saya putri dari VIVAlog, meminta biodata lengkap lomba blog "Jelajah 7 Keajaiban Nusantara" #terios7wonders berhubung email masuk banyak dan mungkin ke skip jadi di minta untuk mengirim data lagi dengan Subject : DATA LOMBA BLOG TERIOS7WONDERS (CAPSLOCK) , sebagai berikut:

    Nama lengkap:
    Username VIVAlog:
    Alamat lengkap:
    No Hp:
    Link Blog:

    kirim ke email: putri.megasari@viva.co.id

    Karena hari ini adalah hari penjuarian, diminta untuk secepatnya mengirim data.


    Regrads,
    Putri

    BalasHapus
  6. Berhubung saya baru dapat email dari Mbak Putri hari ini, saya telah mengirimkan data saya hari ini.

    BalasHapus

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...