YANG UNIK DAN HEBAT DARI GOOGLE


Raksasa dunia maya, Google, punya banyak cerita.  Dimulai dari pemilihan nama karena "insiden" hingga pendirinya yang tak paham HTML.   Pendirinya Larry Page dan Sergery Brin pada 1996. Kedua mahasiswa pasca sarjana Standford University  bekerja sama membangun mesin pencari bernama BackRub.  Situ pencari ini dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Pada 1997, Page & Brin mendapat ide untuk mengubah nama BackRub menjadi Googol.  Dalam dunia matermatika, Googol merupakan istilah untuk angka 1 yang diikuti 100 angka nol.  Pilihan nama selaras dengan misi Google sebagai gudang informasi tanpa batas.

Dalam perjalanannya, seringkali orang yang mengucapkan Googol itu tak bisa mengeja dengan benar. Yang terdengar adalah Google.  Akhirnya, terlanjur menuliskan chek dana dengan nama Google.  Akibatnya, Page dan Brin menyerah sehingga situs pencari itu tetap memakai Google.

Selanjutnya, Google tampil sebagai salah satu perusahaan digital yang gencar mencaplok perusahaan rintisan (startup), yang dinilai berpontensi tinggi.   Beberapa diantaranya, YouTube, Android,Motorola Mobility, Pyra Labs, dan yang terakhir adalah WhatsApp.

Kehebatan Google:
Keyhole Inci merancang Google Maps dan Google Earth.    Startup menyatu dengan Google berjumlah ratusan. Sejak 2010 Google mengakuisis strtup per minggu mencapai lebih dari 1 perusahaan.

Indeks pencarian Google juga bukan main ukurannya, lebih dari 100 juta gigabyte. Setara dengan lebih dari 100 ribu hard disk personal berukuran 1 TB yang diperlukan untuk menyimpan indeks.

Google memotret jalan sepanjang 5 juta mil untuk ditampilkan pada aplikasi Street View yang menjadi bagian dari Google Maps. Tak kalah kehebatannya pada 2012 Google telah menemukan lebih dari 30 triluan URL unik di Web.

WhatsApp.
Akusisi Google terhadap WhatsApp merupakan langkah berani. Angka pembeliannya yang sangat besar. Juga rencana besar Google terhadap WhatsApp.   Kita nantikan kejutan apa yang terjadi dengan WhatsApp ketika pengguna WhatsApp yang dulunya free menggunakan, apakah masih free.  Tetapi ada manfaat yang tentunya besar diharapkan dari pengguna WhatsAPp dengan akusisi ini.  Semoga!

2 komentar:

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...